Upacara Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa Ke 55 Tahun 2015

Kategori: Kegiatan
Tanggal Diterbitkan

Logo HBA 55 2015

Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa ke 55 pada hari Rabu tanggal 22 Juli 2015, seluruh pegawai di lingkup Kejaksaan Tinggi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Kejaksaan Negeri Yogyakarta mengadakan upacara yang berlangsung di halaman Kantor Kejaksaan Tinggi Daerah Istimewa Yogyakarta, dan dilanjutkan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Kusumanegara Yogyakarta.

Kepala Kejaksaan Tinggi Daerah Istimewa Yogyakarta I GEDE SUDIATMAJA S.H. bertindak sebagai Inspektur upacara, dalam sambutannya dibacakan amanat Jaksa Agung RI, tema Hari Bhakti Adhyaksa ke 55 Tahun 2015 Tingkatkan Kinerja, Bela Anak Bangsa "

Tema besar tersebut didasarkan pada pemikiran :

Pertama, Kejaksaan selaku institusi penegak hukum dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya hendaknya mempunyai Idealisme, Nilai dan Citra.

Idealisme mengandung makna bahwa setiap warga Adhyaksa harus dapat mengabdikan dirinya menjadi pembela rakyat, berpihak kepada kebenaran dan keadilan.

Nilai, artinya apa yang ditugaskan oleh negara kepada lembaga Kejaksaan harus dapat membawa manfaat yang sebesar-besarnya bagi Rakyat dan hasilnya juga dapat dirasakan oleh rakyat.

Sedangkan Citra dimaksudkan bahwa apa yang dilakukan Lembaga Kejaksaan harus dapat mencerminkan jati dirinya sebagai aparat penegak hukum yang dekat dengan rakyat, bermartabat dan terpercaya.

Kedua, lembaga Kejaksaan senantiasa harus mempunyai kepedulian sebagai lembaga yang lahir besar dan bekerja untuk rakyat, memberikan edukasi kepada masyarakat sebagai upaya mencegah terjadinya segala bentuk tindak pidana.

Ketiga, tema tersebut juga untuk menggambarkan bahwa seluruh Tugas Pokok dan Fungsi Kejaksaan semata-mata dilakukan demi membela anak bangsa, mendukung program pemerintah khususnya dalam bidang penegakan hukum, sekaligus mengawal keberhasilan pembangunan.

Berdasarkan pemahaman tersebut diatas, maka tema  Hari Bhakti Adhyaksa tahun 2015 sejatinya sejalan dengan salah satu agenda pemerintah yang menjadi prioritas pemerintah sebagaimana yang tertuang dalam Nawa Cita yakni “memperkuat kehadiran negara dalam melakukan reformasi sistem dan penegakan hukum yang bebas korupsi, bermartabat dan terpercaya”.

Dalam Upacara disampaikan kepada segenap warga Adhyaksa di seluruh wilayah tanah air dan dimanapun ditugaskan berupa Perintah Harian agar dimaknai sebagai  petunjuk arah yang harus diacu dan dipedomani dalam melaksanakan tugas sehari-hari sebagai berikut :

                

 

                 PERINTAH HARIAN JAKSA AGUNG RI

 

1. Laksanakan semua tugas dengan penuh rasa tanggung jawab secara obyektif dan profesional semata-mata dengan menjunjung tinggi nilai-nilai keadilan dan kebenaran.

2.  Kembangkan integritas kepribadian diri dengan melakukan  perubahan dan pembaharuan sikap mental yang berorientasi pada pengabdian kepada masyarakat.

3.  Tumbuh kembangkan keberanian dan ketegasan sikap dalam mengemban tugas dan tanggung jawab selaku Aparat Penegak Hukum yang mandiri, terpuji, tangguh dan berwibawa.

4. Bertanggung jawab dalam upaya memperkuat kehadiran negara dalam melakukan reformasi sistem dan penegakan hukum yang bebas korupsi, bermartabat dan terpercaya.

5.   Menempatkan diri sebagai pengawal, pengaman pemerintahan dan pembangunan demi tercapainya tujuan meningkatkan kesajahteraan rakyat dan kemajuan bangsa.

Copyright 2014. Powered by etoro review. | KEJAKSAAN NEGERI YOGYAKARTA | Jl. Sukonandi No. 6 Yogyakarta | Telfon (0274) 512521 | Fax.(0274) 587517 |